WHAT'S NEW?
Loading...
loading...

Belajar HTML : Pengenalan Web dan HTML

Belajar HTML : Pengenalan Web dan HTML -  Hello gans ,,, disini saya akan mengenalkan apa itu WEB, apa itu HTML dan lain-lainnya. Langsung saja kita lanjutkan ke materi berikut:

Belajar HTML : Pengenalan Web dan HTML


Word Wide Web (WEB)
WWW (Word Wide Web) merupakan salah satu fasilitas dimana kita dapat saling bertukar informasi di internet. Banyak orang berpendapat bahwa www yaitu dunianya sedang internet adalah jaringannya. Protocol standard aturan yang digunakan untuk berkomunikasi pada komputer networking, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) ialah protokol untuk www. WWW bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme berikut:
  • Protocol, standard aturan yang digunakan untuk berkomunikasi pada komputer networking Hypertext Transfer Protocol (HTTP) ialah protokol untuk www.
  • Address, WWW memiliki aturan penaman alamat web yaitu URL (Uniform Resource Locator) yang digunakan sebagai standard alamat internet.
  • HTML, digunakan untuk membuat document yang bisa di akses melalui web.

HTML
HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language merupakan script untuk menyusun dokumen-dokumen web. Dokumen HTML disimpan dalam format text reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. HTML adalah standard bahan yang digunakan untuk menampilkan dokumen web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:
  1. Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
  2. Mempublikasikan dokumen secara online, sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  3. Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  4. Menambahkan objek-objek seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen HTML.
Struktur Dasar Dokumen HTML
Struktur dasar dokumen HTML ialah sebagai berikut:
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    Disini penulisan informasi web
</body>
</html>
Dari struktur dasar HTML diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tag
Ialah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body> merupakan tag dengan nama body. Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini yaitu tag pembuka isi dokumen HTML dan </body> ini ialah tag penutup isi dokumen HTML.

Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana: <title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML. Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu elemen html, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya, Contoh penulisan tag-tag yang benar sebagai berikut:
<p>
      <b>
             . . . . . . .
      </b>
</p>
Attribute
Attribute ialah property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:
<Tag> 
Nama-attr="NIlai-Attr" 
Nama-attr="NIlai-Attr"
. . . . . . .
. . . . . . .
</Tag>
Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah:
<body bgcolor="black" text="yellow">
Element HTML
Ialah kepala dari dokumen web yang digunakan adalah HTML. Penulisannya sebagai berikut:
<html>
. . . . . . .
</html>
Element Head
ialah kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak diantara tag <html> dan tag </html>. Penulisannya sebagai berikut:
<head>
. . . . . . .
</head>
Element Title
Ialah judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak diantara tag <head> dan tag </head>. Penulisannya sebagai berikut:
<title>
. . . . . . .
</title>
Element Body
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. tag <body> dan tag </body> terletak dibawah tag <head> dan tag </head>. Element body mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser. penulisannya sebagai berikut:
<body text="v" bgcolor="w" background="uri" link="x" alink="y" vlink="z">. . . . .  . .</body>


Demikian Pembahasan Tentang Belajar HTML : Pengenalan Web dan HTML
Semoga Bermanfaat Yang Saya Sampaikan ... Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment